Jumat (30/8) lalu, Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Denpasar mengadakan pameran kebersihan di sisi timur Lapangan I Gusti Ngurah Made Agung. Acara yang bertajuk ‘Gara-gara Sampah Jilid II’ ini dibuka langsung oleh Walikota Denpasar IB Rai Dharmawijaya Mantra. Turut hadir pula dalam acara ini adalah Sekda Kota Denpasar AAN Rai Iswara, Kadis Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan  I Ketut Wisada, OPD Lingkungan Setda Kota Denpasar, dan Komunitas Lingkungan.

Ketua Panitia, Catur Yudha Hariani, mengatakan bahwa dalam kegiatan ini, pihak DLHK juga melibatkan komunitas lingkungan yang bergerak dalam bidang persampahan di Pulau Bali, khususnya Kota Denpasar. Dia mengungkapkan tujuan dari kegiatan ini sendiri untuk memperlihatkan kontribusi komunitas dan masyarakat dalam mendukung pengelolaan dan pengurangan sampah di Kota Denpasar.

“Pameran Kebersihan Kota Denpasar Tahun 2019 kali ini lain dari biasanya karena tahun ini DLHK Denpasar menggandeng LSM dan komunitas peduli lingkungan seluruh Kota Denpasar bahkan ada yang dari luar Denpasar. Bidang kerja para LSM dan komunitas menangani isu sampah tetapi lokasi kerjanya di daratan, laut, dan sungai,” ungkap Catur Yudha.

Lebih lanjut, Cathur Yudaha berkata, selain pameran, ada 6 lomba untuk sekolah dan masyarakat umum. Diantaranya yaitu lomba menggambar, membanyolan, Upcycle busana, Yel-yel Lingkungan, Fashion Show dan Fotografi. Selain lomba ada juga ada berbagai workshop yang diikuti oleh masyarakat umum. Sedangkan, acara utamanya adalah pemutaran Film Pulau Plastik, Talkshow bersama Walikota Denpasar, Robi Navicula (Vokalis Navicula), Sri Novi (Warung Kecil), I Gede Hendrawan (akademisi FKD Unud), dan I Gusti Lanang (Pemuka Agama) dan ditutup oleh penampilan musik akustik oleh Robi Navicula.