Pergub Bali No 97 tahun 2018 mengenai pengurangan sampah plastik sedikit demi sedikit memberikan pengaruh kepada semua instansi yang ada di Bali, tidak terkecuali RSUP Sanglah. Pasalnya, pada Jumat (21/6/2019) lalu, untuk memberikan dukungan nyata, RSUP Sanglah membagikan ratusan tas ramah lingkungan secara gratis ke kamar-kamar pasien.

Dra. Nining Setyawati selaku Direktur Umum & Operasional RSUP Sanglah, mengharap pembagian tas ramah lingkungan ini dapat bermanfaat, khususnya bagi masyarakat rumah sakit dan dapat mengubah pola perilaku masyarakat terhadap penggunaan bahan plastik dalam kehidupan sehari-hari.

Dia menyadari, belakangan ini, sampah plastik menjadi permasalahan yang sangat urgent. Oleh karena itu, untuk mengatasi permasalahan ini perlu adanya kesadaran dari semua pihak. Nining Setyawati juga mengungkapkan, pembagian tas ramah lingkungan ini bukan hanya semata-mata mendukung Pergub Bali saja. Tetapi juga untuk menjaga lingkungan RSUP Sanglah dari sampah plastik.

“Pembagian tas ramah lingkungan ini merupakan bentuk inisiatif dan kepedulian RSUP Sanglah untuk ikut ambil bagian menyukseskan Pergub Bali tentang pengurangan timbulan sampah plastik. Kami concern terhadap pelestarian lingkungan. Ini salah satu langkah konkret kita mewujudkan Bali yang Ajeg,” ungkap Nining Setyawati.

Salah seorang pengunjung, bernama Angelina merasa senang mendapat tas gratis. Dia berkata bahwa dia sangat senang karena bisa mendapatkan dapat tas begini. Sebab, selain gratis, desainnya juga sangat bagus sekali. Dia akan menggunakan tas ini saat belanja makanan selama di rumah sakit.