Memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang jatuh pada 5 Juni 2019 lalu, sebanyak 45 anggota Pramuka Peduli Kwarcab Gianyar mengikuti kegiatan jalan santai dan bersih sampah plastik. Kegiatan yang berlangsung di areal Bumi Perkemahan Pucak Sari, Desa Kerta, Kecamatan Payangan, Gianyar ini merupakan rangkaian dari acara Launching Desa Wisata Bali Ditha Kerta Payangan.

Selain itu, kegiatan bersih lingkungan diikuti pula berbagai elemen masyarakat. Mulai dari pelajar, komunitas lingkungan trash hero, resik bumi, dan seka truna.

Aksi bersih sampah plastik dimulai pada pukul 08.00 pagi dan dibuka oleh PLT Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Gianyar, A. A. Dalam Jagaditha didampingi oleh Kepala Desa Kerta Payangan, PLT Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Gianyar yang juga Wakil Ketua Pramuka Peduli Kwarcab Gianyar Dewa Ngakan Ngurah Adi, dan Kepala BPBD Kabupaten Gianyar A. A. Oka Digjaya yang juga Ketua Pramuka Peduli Kwarcab Gianyar.

Anak Agung Oka Digjaya berkata bahwa aksi bersih sampah plastik ini adalah salah satu kegiatan yang terus dan berkesimbungan dilaksanakan oleh Pramuka Peduli. Aktivitas yang melibatkan satgas Pramuka Peduli ini dilaksanakan pula untuk menumbuhkembangkan semangat kepduliaan lingkungan.

“Pramuka Peduli hadir ditengah masyarakat secara berkesimbungan dalam mengkampanyekan aksi kepeduliaan lingkungan, kegiatan seperti ini juga memberikan pendidikan kepada adik-adik relawan siaga bencana dalam menumbuhkembangkan semangat tulus pengabdian, mengenal potensi alam dan yang paling penting mengajarkan kita semua bahwa jika kita menjaga alam, maka alam akan menjaga kita,” jelas Oka Digjaya.

Oka Digjaya menjelaskan Pramuka Peduli selama ini identik dengan kegiatan penanganan bencana. Padahal kegiatan Pramuka Peduli Bali mencakup juga berbagai bidang aktivitas yaitu bidang pengembangan sumber daya manusia, bidang penanggulangan bencana, bidang pelestarian lingkungan hidup, dan bidang kewirausahaan.

Sementara, Pramuka Peduli Kwarcab Gianyar yang beranggotakan 100 satgas pada bulan Juli ini akan melaksanakan latihan pemantapan yang fokus pada manajemen posko. Kegiatan tersebut direncanakan akan diikuti oleh 70 satgas yang telah mendapatkan Latihan Dasar.