Dalam rangka mewujudkan desa Bali Aga SCTPB sebagai desa wisata di Kabupaten Buleleng perlu adanya kesadaran dari setiap individunya untuk menjaga kenyamanan, keamanan dan kebersihan serta keindahan lingkungan yang tertuang dalam Sapta Pesona.

Berkaitan dengan itu, Wayan Ariawan salah satu warga Desa Sidatapa serta pencinta lingkungan Bali Aga membuat sebuah program yang di kenal dengan nama Go Green and Clean (pelestarian satwa, budaya, serta pelestarian lingkungan).

Oleh karena itulah, dalam rangka menciptakan lingkungan bersih, Pemerintahan Kecamatan Banjar bersama pemdes se Bali aga SCTPB siswa Sekolah Dasar, Kepolisian Polsek Banjar, Koramil Banjar, masyarakat luas dan bersama seluruh komunitas pencinta lingkungan di Bali Aga untuk melakukan kegiatan pembersihan sampah plastik di sepanjang 2 km desa Cempaga.

Kegiatan tersebut dilakukan bertepatan dengan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) yang jatuh pada Februari lalu dan dikemas dengan melakukan penanaman pohon di kawasan hutan Tukad Langkeng Desa Cempaga yang disertai pelepasan burung untuk pergi ke alam bebas.

Selain cinta terhadap lingkungan, Wayan Ariawan, lelaki yang berprofesi sebagai pemandu wisata ini memiliki dedikasi tinggi untuk melalu mengajarkan masyarakat di Bali Aga tetap menjaga lingkungan yang bersih. Menurut Ariawan, kegiatan Go Green and Clean merupakan kegiatan arisan bagi desa SCTPB. Aksi ini di lakukan secara bergiliran di tiap-tiap desa dan akan di komando oleh para perbekel setempat.

“Sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan, kami sebagai masyarakat di Desa Bali Aga (SCTPB) bersama masyarakat telah lama bergerak, bahkan aksi bersih lingkungan ini kita rangkai seperti arisan. Kalau orang luar Arisan itu identik dengan uang, tapi untuk masyarakat Bali Aga Arisan kebersihan. Hari pertama arisan go green and clean di desa cempaga di komandoi oleh pak Mekel Putu Suarjaya rencana bulan depan di Sidatapa dan seterusnya “ jelas Ariawan.

Semangat untuk membangkitkan nama desa masyarakat Bali Aga, Wayan Ariawan selalu mengajak seluruh lapisan masyarakat berbuat baik dan mencintai lingkungan.

Sementara, Putu Suarjaya, Kepala Desa Cempaga Kecamatan Banjar, mengatakan terimakasih atas kepedulian masyarakat Bali Aga akan lingkungan bersih dan turut serta menjaga imed Desa lingkup SCTPB.

”Selain peduli terhadap sampah kita dikomunitas Buleleng Harmoni dimana saya dan Wayang Ariawan selaku pendirinya konsentrasi dalam penanganan sampah, penanaman pohon pelestarian satwa, dan budaya serta pengembangan SDM masyarakat Bali Aga. Tahun ini saya di usulkan untuk ikut program Kalpataru sebagai perwakilan desa Pelestari lingkungan dari Pemkab Buleleng” ungkap Putu Suarjaya.