Sekolah Little Stars untuk pertama kalinya menggelar pameran diluar lingkup sekolah pada Minggu (12/5) lalu. Pameran yang melibatkan siswa-siswi berusia 1 hingga 8 tahun itu setidaknya memajang  hampir 300 karya. Mulai dari lukisan, instalasi hingga eco painting.

Christina Arum salah seorang guru dari Little Stars School mengatakan bahwa dia dan pihak sekolah ingin mengajak anak-anak merasakan bagaimana menjadi seniman yang sesungguhnya. Pasalnya, karya yang mereka buat akan disaksikan oleh masyarakat umum dan akan menjadi pengalaman tersendiri bagi mereka.

Selain itu, seluruh karya tersebut dibuat dengan menggunakan bahan-bahan yang ramah lingkungan termasuk bahan daur ulang, seperti botol plastik, kain perca, kertas bekas hingga tanah liat.

“Pameran ini bagian dari pembelajaran siswa-siswi kami dan kami menilai pendidikan seni merupakan komponen penting dari perkembangan murid kami,” jelasnya.

Tahun ini, pameran tersebut mengambil tema Flora & Fauna of Indonesia – Celebrating the Beauty of Diversity. Diharapkan melalui pameran tersebut anak-anak semakin peduli terhadap lingkungannya dan ikut menjaga lingkungan.

“Kami berharap masyarakat yang menyaksikan pameran ini mengerti dan sadar akan isu lingkungan saat ini,” tambahnya.

Sementara, Audrey Gavrila Detaq salah seorang murid dari Little Stars School mengambil tema Leaves. Dia melukis diatas media kertas dengan corak daun yang didominasi warna ungu. Berbeda dengan Camilla Guiseppana, siswa kelas 3 yang memamerkan karya berupa instalasi dan lukisan ini mengaku senang bisa terlibat dalam pameran tersebut. Dia mengambil tema Butterfly and friends sebagai bentuk kecintaannya terhadap Kupu-Kupu.

“Saya suka ini dan kami berteman,”katanya.

Di sisi lain, Felly salah satu orang tua siswa mengaku sangat bangga dengan pameran itu bahkan menurutnya pameran itu sangat bagus dan anaknya pun sangat antusias mengikuti pameran itu serta dia telah mengabarkannya pada teman-temannya.

“Ini bagus sekali dan sekaligus belajar tentang isu lingkungan bahkan anak-anak saya telah memberikan kabar ini kepada teman-teman diluar sekolahnya,”ungkapnya.