Komunitas Peduli Sampah di Bali berkomitmen untuk mewujudkan program pemerintah yang bertajuk “Indonesia Bebas Sampah 2020”.

Ida Bagus Rai Dharmawijaya Mantra selaku Wali Kota Denpasar, menyampaikan bahwa harapannya dan Indonesia, terutama Bali pada khususnya adalah bisa bebas sampah sebelum tahun 2020.

“Kalau bisa sebelum 2020 Bali sudah beberapa sampah. Pemerintah Kota Denpasar berkomitmen untuk menjadikan kota Denpasar bersih dan sehat,” kata Rai Dharmawijaya Mantra, Denpasar.

Ida Bagus Rai Dharmawijaya Mantra menambahkan semua pasti memiliki tujuan yang sama. Bagaimana menanggulangi permasalahan sampah, tentunya dibutuhkan partisipasi masyarakat dengan prilaku yang baik juga.  

Penandatanganan komitmen peduli sampah | Kompas

Sementara, Bisumi Anaya, Pendiri Komunitas Peduli Sampah Bali, mengatakan jika pihaknya sudah melakukan kampanye peduli sampah dan melakukan sosialisasi pemanfaatan sampah dan lainnya.

“Berbagai acara juga sudah dilakukan dalam komitmen kita terhadap penanganan sampah,” ujar dia.

Dia pun berharap deklarasi ini menjadi momen sejarah untuk memperingati Hari Sampah Nasional yang berdampak positif bagi prilaku masyarakat yang tetap membuang dan memanfaatkan sampah dengan tepat.

Berikut isi deklarasi Komunitas Peduli Sampah Bali:

1. Mengurangi, memilah, dan meletakkan sampah pada tempatnya.

2. Mengelola sampah secara bertanggungjawab.

3. Aktif berperan serta dalam kegiatan pengelolaan sampah yang diselenggarakan.