Relawan pendukung Jokowi yang menamakan dirinya sebagai Semeton Jokowi melakukan kegiatan positif pada hari Minggu (10/3/2019) lalu. Sebagai bentuk kepedulian mereka terhadap lingkungan dan pariwisata Bali, Semeton Jokowi Bali bersama Yayasan Nyawan Emas Dewata, melakukan aksi bersih-bersih sampah. Kegiatan ini digelar di Pantai Legian, Kuta, Badung.

Kegiatan yang berlangsung sekitar 3 jam lamanya dan diikuti puluhan relawan itu menyisir aneka jenis sampah, khususnya sampah plastik.

“Sebenarnya ini kegiatan rutin Semeton Jokowi dengan lokasi yang berpindah-pindah paling tidak 1 bulan sekali,” kata Ketua Semeton Jokowi Bali, I Gusti Agung Putri Astrid Kartika.

Dia menekankan, bukan hasil aksi itu yang penting tetapi konsistensi untuk terus peduli kepada lingkungan yang bersih. Pasalnya, Bali sebagai daerah pariwisata harus menciptakan lingkungan yang nyaman bagi warga maupun turis yang datang.

“Memang pemerintah, khususnya Badung sudah intensif menangani. Tetapi partisipasi warga tetap dibutuhkan dalam karya nyata seperti yang kita lakukan hari ini,” ungkapnya.

Menurut I Gusti Agung Putri Astrid Kartika sendiri sampah adalah masalah yang sudah menjadi masalah bersama. Sebab, dampaknya sudah terasa hingga ke lautan. Bahkan ada temuan bahwa dalam kandungan ikan pun mulai ada yang disebut sebagai mikroplastik sebagai akibat banyaknya plastik yang masuk ke lautan.

“Kita semua harus peduli terhadap masalah sampah ini,” tegasnya.